Selasa, 30 Juni 2015

Indahnya Bunga Lavender di Provence, Prancis


Bunga lavender didefinisikan sebagai jiwa kota Provence, Prancis. Jika Anda mengunjungi kota ini, di setiap penjuru arah Anda akan disambut berhektar-hektar hamparan warna ungu dengan wangi yang membangkitkan rasa kedamaian. Mekar sempurna dari Juni sampai Agustus, ladang bunga ini merupakan pemandangan yang luar biasa.
Lavender merupakan bagian dari famili Lamiaceae, masih satu jenis dengan mint, savory, dan thyme. Disinyalir tanaman lavender pertama berasal dari pulai Canary atau Persia. Namun manfaat lavender dikenal di penjuru dunia. Peradaban Yunani menganggap lavender sebagai salah satu "tanaman mulia". Bangsa Romani menggunakan lavender untuk mencuci dan menyebutnya dengan nama "lavandula" yang berarti "mencuci".


Bangsa Romani jugalah yang menemukan cara mengambil minyak esensial dari lavender yang bisa dijadikan parfum. Pada era pertengahan, lavender digunakan bukan hanya sebagai produk kecantikan, namun juga untuk manfaat kesehatan. Tanaman ini disebut bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, mengatasi masalah pencernaan, sakit otot, dan berbagai penyakit kulit.


Saat ini, penanaman dan pengembangan lavender terbesar ada di Provence. Bunga ungu ini menyimbolkan sejarah dan keindahan lokal. Ketersediannya dimanfaatkan dalam pembuatan kosmetik, parfum, bahkan bumbu di berbagai restoran lokal. Masyarakat Provence juga menyelenggarakan festival dan kunjungan wisata kebun lavender. Dalam wisata tersebut, Anda bisa menikmati keindahan dan harumnya ladang lavender dengan sepeda, mobil, atau berjalan kaki.



1 komentar: